Sunday 15 March 2015

Teknologi VVA pada NMAX, Maksimum pada Semua Putaran Mesin

NMAX, model terbaru perdana Yamaha di tahun 2015, disempurnakan teknologi VVA (Variable Valves Actuation). Teknologi ini pertama kali diterapkan pada motor di dunia, menjadikan performanya nomor satu dengan berbagai keunggulan. 

Performa nomor satu NMAX karena tenaga dan torsinya paling besar di kelasnya, tenaganya 11.1 kW/8000 rpm dan torsinya 14.4 Nm/6000 rpm. Keunggulan lainnya karena bobotnya paling ringan di kelasnya (120 kg). Itulah sebabnya dengan tenaga, torsi dan bobot paling unggul di kelasnya dari spesifikasi teknisnya, NMAX disebut The Ultimate Sports Matic (Sport Matik Tertinggi).

Pengembangan teknologi  terkini Yamaha pun melahirkan VVA yang menyempurnakan NMAX dan membuat performanya nomor satu. VVA menjaga tenaga dan torsi maksimum pada semua putaran mesin, termasuk di titik kritikal 6000 rpm saat tenaga dan torsi cenderung turun. Teknologi VVA bekerja pada head cylinder dimana terdapat dua jenis cam yaitu low speed cam dan high speed cam yang mendukung kinerja VVA sehingga tenaga dan torsi maksimum pada setiap putaran.

”Teknologi VVA yang terbaru dari Yamaha adalah inovasi solusi tepat bagi pemakai motor untuk mendapatkan torsi dan tenaga maksimum pada semua putaran mesin. Teknologi ini membuktikan kualitas kinerja Yamaha yang selalu menciptakan penemuan terbaru sebagai pionir dan memenuhi kebutuhan konsumen bagi penyempurnaan performa motor,” jelas Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

VVA merupakan bagian dari teknologi Blue Core sehingga performanya makin sempurna. Keunggulan   NMAX dengan Blue Core yaitu pembakaran optimal, pendinginan maksimal, minim gesekan.

Pembakaran optimal karena dukungan volume Air Cleaner yang besar dimana volume udara yang tepat menghasilkan efisiensi pembakaran optimal di segala kondisi ; mengoptimasi sistem setting FI (Fuel Injection) – sistem pemetaan 3-dimensi guna mengontrol volume bahan bakar dan timing pengapian berdasarkan rpm dan bukaan gas ; bentuk dan layout valve optimal (kontrol udara efektif dan desain ruang bakar kompak) ; efek tumble (optimum efek tumble menghasilkan pencampuran bahan bakar dan udara sempurna) ; ruang bakar kompak (desain bentuk port dan ruang bakar yang optimal, menjamin pembakaran sempurna) ; adanya VVA (Variable Valves Actuation)

Pendinginan maksimal dengan radiator compact (bentuk kompak, pendinginan maksimal) ; By-pass thermostat (warming up lebih singkat, hemat bahan bakar) ; DiAsyl Cylinder & Forged Piston (melepas panas lebih cepat, ringan dan kuat).

Minim gesekan dengan adanya roller rocket arm (rendah gesekan, memaksimalkan tenaga mesin) ; offset cylinder (sumbu cylinder body dan crankshaft tidak segaris/offset, meminimalisir noise dan vibrasi, memaksimalkan tenaga mesin) ; compact AC magneto (penghasil daya efisien, mengurangi beban pada mesin).

NMAX juga motor yang stabil dengan rangka delta shape (tipe rangka underbone cradle dengan delta shape, kuat dan ringan) ; fuel tank center tunnel (titik berat di tengah, stabil) ; linked engine dengan rubber (vibrasi kecil) ; twin shock absorber (stabil saat manuver) ; ban lebar 13 inchi (depan 110/70 – 13 M/C 48P, belakang 130/70 – 13 M/C 63P).

No comments:

Post a Comment

Kalau sudah baca jangan lupa tinggalkan saran dan kritiknya ya sob... Terimakasih

HARPINDO JAYA KARANGJATI