NMAX, model terbaru perdana Yamaha di tahun 2015, disempurnakan
teknologi VVA (Variable Valves Actuation). Teknologi ini pertama kali
diterapkan pada motor di dunia, menjadikan performanya nomor satu dengan
berbagai keunggulan.
Performa nomor satu NMAX karena tenaga dan torsinya paling
besar di kelasnya, tenaganya 11.1 kW/8000 rpm dan torsinya 14.4 Nm/6000
rpm. Keunggulan lainnya karena bobotnya paling ringan di kelasnya (120
kg). Itulah sebabnya dengan tenaga, torsi dan bobot paling unggul di
kelasnya dari spesifikasi teknisnya, NMAX disebut The Ultimate Sports
Matic (Sport Matik Tertinggi).
Pengembangan teknologi terkini Yamaha pun melahirkan VVA
yang menyempurnakan NMAX dan membuat performanya nomor satu. VVA menjaga
tenaga dan torsi maksimum pada semua putaran mesin, termasuk di titik
kritikal 6000 rpm saat tenaga dan torsi cenderung turun. Teknologi VVA
bekerja pada head cylinder dimana terdapat dua jenis cam yaitu low speed
cam dan high speed cam yang mendukung kinerja VVA sehingga tenaga dan
torsi maksimum pada setiap putaran.
”Teknologi VVA yang terbaru dari Yamaha adalah inovasi
solusi tepat bagi pemakai motor untuk mendapatkan torsi dan tenaga
maksimum pada semua putaran mesin. Teknologi ini membuktikan kualitas
kinerja Yamaha yang selalu menciptakan penemuan terbaru sebagai pionir
dan memenuhi kebutuhan konsumen bagi penyempurnaan performa motor,”
jelas Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor
Manufacturing.
VVA merupakan bagian dari teknologi Blue Core sehingga
performanya makin sempurna. Keunggulan NMAX dengan Blue Core yaitu
pembakaran optimal, pendinginan maksimal, minim gesekan.
Pembakaran optimal karena dukungan volume Air Cleaner yang
besar dimana volume udara yang tepat menghasilkan efisiensi pembakaran
optimal di segala kondisi ; mengoptimasi sistem setting FI (Fuel
Injection) – sistem pemetaan 3-dimensi guna mengontrol volume bahan
bakar dan timing pengapian berdasarkan rpm dan bukaan gas ; bentuk dan
layout valve optimal (kontrol udara efektif dan desain ruang bakar
kompak) ; efek tumble (optimum efek tumble menghasilkan pencampuran
bahan bakar dan udara sempurna) ; ruang bakar kompak (desain bentuk port
dan ruang bakar yang optimal, menjamin pembakaran sempurna) ; adanya
VVA (Variable Valves Actuation)
Pendinginan maksimal dengan radiator compact (bentuk kompak, pendinginan maksimal)
; By-pass thermostat (warming up lebih singkat, hemat bahan bakar) ;
DiAsyl Cylinder & Forged Piston (melepas panas lebih cepat, ringan
dan kuat).
Minim gesekan dengan adanya roller rocket arm (rendah
gesekan, memaksimalkan tenaga mesin) ; offset cylinder (sumbu cylinder
body dan crankshaft tidak segaris/offset, meminimalisir noise dan
vibrasi, memaksimalkan tenaga mesin) ; compact AC magneto (penghasil
daya efisien, mengurangi beban pada mesin).
NMAX juga motor yang stabil dengan rangka delta shape (tipe
rangka underbone cradle dengan delta shape, kuat dan ringan) ; fuel
tank center tunnel (titik berat di tengah, stabil) ; linked engine
dengan rubber (vibrasi kecil) ; twin shock absorber (stabil saat
manuver) ; ban lebar 13 inchi (depan 110/70 – 13 M/C 48P, belakang
130/70 – 13 M/C 63P).
No comments:
Post a Comment
Kalau sudah baca jangan lupa tinggalkan saran dan kritiknya ya sob... Terimakasih